Pengelolaan Risiko Kelelahan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Manajemen risiko kelelahan (fatigue risk management) adalah sistem pengendalian berbasis risiko untuk mengidentifikasi, memonitor, mengelola risiko kelelahan dengan tujuan untuk memastikan bahwa karyawan memiliki kinerja dengan tingkat kewaspadaan yang memadai.

Maka dari itu PT Mintec Abadi menjadikan Bahaya Fatigue pada pekerja menjadi salah satu top risk di area kerja PT Mintec Abadi karena mengingat di PT Kideco Jaya Agung insiden akibat dari kelelahan pekerja termasuk yang tertinggi.

PT Mintec Abadi berupaya untuk mengelola risiko dari fatigue ini sendiri berupa :

  • Melakukan identifikasi, evaluasi dan pengendalian untuk pengelolaan fatigue :

Proses identifikasi dan evaluasi menggunakan metode yang valid dan reliable disesuaikan dengan faktor risiko dan terintegrasi dengan Manajemen Risiko. Upaya pengendalian mengacu pada prinsip hierarki pengendalian.

  • Melaksanakan sosialisasi mengenai pengendalian maupun pengelolaan fatigue di tempat kerja :

Memberikan sosialisasi kepada semua pekerja tentang pengetahuan  pengelolaan dan mengacu pada prinsip hierarki pencegahan kelelahan khususnya bagi para pekerja dengan waktu kerja bergilir atau shift.

  • Dengan mengatur pola gilir kerja karyawan :

Pekerja Pola gilir kerja (shift) disusun dengan mempertimbangkan paling sedikit kebijakan, ketentuan peraturan perundang-undangan, kapasitas kerja, beban kerja dan kondisi lingkungan kerja.

  •  Melakukan penilaian dan pengelolaan tingkat kelelahan yang dialami pekerja :

Melakukan penilaian dan pengelolaan tingkat kelelahan pada pekerja setiap sebelum awal gilir kerja (shift)  dan saat pekerjaan berlangsung.