Audit Internal SMKP (Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Perusahaan pertambangan pemegang IUP, IUPK, IUP Operasi produksi khusus untuk pengolahan dan atau pemurnian, kontrak karya, PKP2B serta perusahaan jasa pertambangan dalam hal ini pemegang IUJP diwajibkan untuk menerapkan sistem manajemen keselamatan pertambangan dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja, kondisi, dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka melaksanakan kerja yang aman, sehat, efisien, dan produktif.
Selain itu juga perusahaan pertambangan wajib untuk melakukan audit penerapan SMKP paling sedikit satu kali dalam setahun.

Audit internal SMKP Minerba ini merupakan bagian dari penerapan Elemen SMKP Minerba sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2018 dan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1827.K/30/MEM/2018 Lampiran IV serta keputusan Dirjen Mineral dan Batu Bara Nomor 185.K/37.04/DJB/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Keselamatan Pertambangan dan Pelaksanaan, Penilaian, dan Pelaporan SMKP Minerba.

Maka dari itu PT Mintec Abadi melakukan Audit Internal SMKP setiap tahunnya untuk mengetahui tingkat kinerja dan pencapaian penerapan SMKP di Perusahaan kami. Dikarenakan PT Mintec Abadi belum memiliki Auditor Internal SMKP maka dari itu pada tahun 2023 PT Mintec Abadi melakukan Audit Internal SMKP dibantu oleh Auditor Internal dari PT Samindo Utama Kaltim dan PT Trasindo Murni Perkasa dan hasil yang didapatkan pada tahun ini cukup memuaskan dan juga mengalami peningkatan dari tahun 2022 yaitu hanya mendapatkan nilai 57% namun pada tahun 2023 PT Mintec Abadi mendapatkan nilai 60% yang artinya PT Mintec Abadi berusaha untuk selalu meningkatkan dan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan ini dengan serius. Adapun rencana tahun 2024 PT Mintec Abadi akan melakukan training dan sertifikasi Auditor Internal SMKP pada beberapa Karyawan.