Lomba Efisiensi Energi Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Mintec mengikuti Perlombaan Efisiensi energi dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 yang diadakan oleh PT Kideco Jaya Agung. Tujuan dari perlombaan ini adalah usaha peningkatan energi bagi perusahaan – perusahaan di Site PT Kideco Jaya Agung.

Salah satu kriteria penilaian perlombaan yaitu perusahaan diharapkan dapat mendata bentuk inovasi dalam rangka efisiensi energi dan disusun dalam bentuk laporan efisiensi energi.

  • Laporan Efisiensi Energi yang dimaksud berupa :
    1. Isi laporan adalah evaluasi dari usaha penghematan energi yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan melalui inovasi-inovasi untuk mengurangi penggunaan energi tak terbarukan (energi fosil: BBM solar) dalam aktivitas yang dilakukan di site PT Kideco Jaya Agung.
    2. Contoh inovasi penghematan energi diantaranya adalah: penggunaan panel tata surya, penggantian lampu menjadi jenis lampu TL LED, dan lain-lain yang tidak terbatas pada ketiga contoh tersebut.
    3. Dalam evaluasi inovasi penghematan energi yang harus dilaporkan adalah jumlah penggunaan bahan bakar solar yang dihemat, lalu dihitung (dikonversi) menjadi jumlah energi (Joule atau Gjoule) yang dihemat, dan jumlah penghematan dalam rupiah (mengacu pada rerata harga solar per tahun).
    4. Inovasi penghematan energi yang dievaluasi adalah yang diterapkan selama waktu 2020 (1 tahun).
    5. Format penyusunan laporan yang akan digunakan mengacu pada laporan dokumen hijau yang disusun oleh Kideco untuk penilaian PROPER setiap tahunnya (contoh format laporan terlampir).
  • Peserta lomba adalah Perusahaan Mitra Kerja di site PT Kideco Jaya Agung dan dibagi menjadi tiga kategori : Coal Getting, Coal Hauling, dan Support.
  1. Kategori Coal Getting adalah kategori perusahaan yang fokus aktivitasnya adalah pengambilan batubara di pit dan siap untuk di-loading. Perusahaan yang termasuk kategori ini adalah: PT PETROSEA, PT Sims Jaya Kaltim, PT PAMA Persada Nusantara, dan PT Bima Nusa.
  2. Kategori Coal Hauling adalah kategori perusahaan yang fokus aktivitasnya adalah pengangkutan batubara dari stockpile ke port TMCT. Perusahaan yang termasuk kategori ini adalah: PT Samindo Utama Kaltim, PT Trasindo Murni Perkasa, dan PT Mandiri Herindo Adiperkasa Hauling.
  3. Kategori Support adalah kategori perusahaan selain kedua kategori di atas yang bersifat sebagai pendukung aktivitas operasional di PT Kideco Jaya Agung. Perusahaan yang termasuk kategori ini adalah: PT Iwaco Jaya Abadi, PT MHA-DT, PT MNK, PT Hanwha Mining Service Indonesia, PT Karebet Mas Indonesia, PT MHA-Coal, PT RMI, Karunia Wahananusa, PT United Tractors, PT Trakindo Utama, PT HEXINDO, PT Mintec Abadi, PT ABP, PT Samitra, PT KAU, dan PT K2B.

Dalam hal ini PT Mintec Abadi berhasil mengalahkan 15 Perusahaan lainnya untuk kategori support dengan judul “Penghematan Bahan Bakar Solar Pada Kegiatan Pengeboran di Undeveloped Area (Samu-Biu)”.

Penyusun Laporan: Agung Bhekti Setiawan dan Gofar Adianto Yudhakusuma