MINTEC “mendunia” lewat ARMS9, Bali

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bulan Oktober 2016 ini menjadi bulan yang spesial untuk MINTEC karena pada bulan ini MINTEC mengirimkan delegasi untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di forum internasional yaitu Asian Rock Mechanics Symposium (ARMS9). Forum akbar ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan pada kesempatan kali ini bertempat di The Stone Hotel, Kuta-Legian, Bali, Indonesia pada 17-20 Oktober 2016. ARMS9 merupakan salah satu ajang internasional yang tepat untuk menjadi wadah untuk MINTEC mempresentasikan paper geoteknik hasil penelitiannya. Judul dari paper penelitian tersebut adalah “Rock strength characteristic of Warukin Formation (KIDECO) and field applications”.

Sebagai informasi anda bahwa untuk dapat dipresentasikan di forum ARMS9 ini, hasil penelitian MINTEC ini telah melalui seleksi abstrak secara ketat pada periode Januari-Maret 2016. Penelitian ini pun dikerjakan secara baik oleh Mr. Kim Hyo Yeol*, Bapak Kurniawan Setiadi, dan Mr. Park Gi Nam (*penulis pertama). Secara singkat, hasil penelitian ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk operasional geoteknik tambang PT. Kideco Jaya Agung pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Hasil penelitian ini menjelaskan karakteristik kekuatan batuan pada batuan penyusun Formasi Warukin yang ada di Mine site PT. Kideco Jaya Agung dan beberapa aplikasi lapangannya. Dalam forum ini, delegasi MINTEC juga mendapatkan tambahan ilmu geoteknik dari para ahli seperti Prof. Resat Ulusay, Prof. Ömer Aydan, Prof. Sakurai, Prof. Seo Kwon Jeon dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa MINTEC bersama dengan PT. Kideco Jaya Agung telah melakukan konsinyasi laboratorium mekanika batuan, dimana MINTEC merupakan pelaksana dan penanggung jawab pengujian batuan yang dilakukan. Laboratorium mekanika batuan ini sudah dilakukan uji akreditasi dan masih dalam proses sertifikasi 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang rencananya akan diberikan segera pada akhir tahun 2016 ini.  MINTEC “merambah dunia” lewat ARMS9!~