Pelatihan pengenalan mekanika batuan dengan pengujian laboratorium

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dalam kemajuannya untuk mencapai sertifikasi ISO 17025 oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional), MINTEC mengadakan pelatihan in-house tentang “Pengenalan terhadap mekanika batuan dengan pengujian laboratorium”. Pembicara pelatihan selama dua hari ini adalah Pak Ganda M. Simangunsong dari laboratorium geomekanika dan peralatan tambang, fakultas pertambangan dan teknik perminyakan, Institut Teknologi Bandung. Pelatihan ini sangat menarik.

Pak Ganda menyampaikan presentasi mengenai pengenalan mekanika batuan dengan pengujian laboratorium dengan sangat baik. Materi pelatihan meliputi data geologi dan pengambilan sampel, properti dari batuan utuh, penentuan properti fisik, pengukuran kecepatan ultrasonik, uji kuat tekan uniaksial, uji point load, uniaxial tensile strength test, uji triaksial, serta uji geser langsung. Pak Ganda menyatakan bahwa laboratorium yang dikelola oleh MINTEC didukung oleh peralatan yang sangat baik, sehingga MINTEC harus memanfaatkannya bukan hanya dengan literatur pendukung, namun juga dengan rajin membaca dan kemampuan memahami yang baik dalam melakukan pengujian untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Mekanika batuan merupakan parameter yang sangat mendasar untuk menghitung dan analisis kestabilan lereng. Analisa kestabilan lereng menjadi sangat penting untuk menentukan tingkat keselamatan dari pengembangan pit. MINTEC sekarang dalam rangka terus meningkatkan kemampuan dan pengalaman mengenai analisa mekanika batuan.